Jika Menggunakan Sistem Harusnya Tidak Terjadi Kesalahan SK Kenaikan Pangkat

Jika pencetakan SK kenaikan pangkat menggunakan sisten aplikasi pelayanan kepegawaian atau SAPK milik Badan Kepegawaian Negara, harusnya tidak akan terjadi kesalahan SK kenaikan pangkat ASN. Demikian disampaikan kepala bidang mutasi BKN Regional II Jawa Timur Purjianto.

Purjianto juga mengaku heran, bagaimana bisa terjadi kesalahan SK kenaikan pangkat di Jember, apalagi dalam jumlah yang banyak. Padahal menurutnya sejauh ini di BKN sendiri tidak terjadi kendala sistem apapun. Sehingga jika merujuk pada mekanisme BKN tentunya kesalahan SK tidak mungkin terjadi.

Sebenarnya badan kepegawaian daerah tinggal masuk ke sistem BKN yang disebut Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian atau SAPK, kemudian langsung cetak dari sistem tersebut. Jika ini dilakukan tentunya SK yang tercetak sudah sesuai dengan data BKN. Namun untuk memastikannya, Purjianto meminta waktu untuk melakukan pengecekan data.

Diberitakan sebwlumnya ratusan PNS yang mayoritas guru, mendatangi kantor BKPSDM untuk meminta perbaikan SK yang diserahkan oleh bupati Senin lalu. Kesalahannya beragam, mulai kesalahan satuan kerja, kepangkatan yang tetap seperti 5 tahun lalu, bahkan ada yang justru turun pangkat.

(272 views)