8 SMA-SMK Di Jember Kekurangan Siswa

8 SMA -SMK mengalami kekurangan siswa. Hal ini diketahui setelah dinas pendidikan propinsi Jawa Timur mengumumkan penerimaan siswa baru hari minggu kemarin. Untuk memenuhi kuota, sekolah yang kekurangan siswa ini akan membuka pendaftaran kembali melalui jalur offline.

Kepala seksi SMA cabang dinas pendidikan propinsi Jawa Timur wilayah Jember Lumajang Rosyid Althaf menjelaskan, penerapan sistem zonasi kabupaten ini membuat siswa minder untuk mendaftar ke sekolah favorite. Hal ini terlihat seperti yang terjadi di SMA negeri Tanggul, yang baru kali ini mengalami kekurangan pendaftar.

Sedangkan kendala di SMK menurut Rosyid, karena memang ada beberapa jurusan yang kurang diminati, yang kemudian menyebabkan kurangnya pendaftar. Untuk sekolah yang masih mengalami kekurangan siswa, akan kembali membuka pendaftaran jalur offline, dengan mengutamakan siswa yang tinggal di sekitar.

Rosyid berharap calon peserta PPDB yang belum diterima, bisa lebih proaktif bertanya kepada sekolah yang hingga saat ini kuota siswanya belum penuh. Jangan sampai kemudian mereka tidak bisa masuk sekolah negeri, hanya gara-gara terlambat mendaftar.

(631 views)