Lapas Jember Kembali Menerima Tahanan Baru

Setelah sempat dikosongkan dan tidak menerima tahanan akibat pandemi covid-18,terhitung sejak hari Selasa lalu, Lapas Kelas 2a Jember kembali menerima tahanan baru. Demikian yang disampaikan Kepala Lapas Kelas 2a Jember Yandi Suyandi.

Menurut Yandi, berdasarkan berkas yang sudah masuk, hingga saat ini sekitar 153 tahanan baru yang akan ditempatkan di Lapas Kelas 2a Jember. Karena masih berlangsung pandemi covid-19, pihaknya menerapkan protokal kesehatan. sehingga tahanan baru nantinya akan dilakukan rapid tes dan ditempatkan di ruang isolasi selama 14 hari sebelum akhirnya digabung bersama dengan tahanan lainnya.

Agar tidak berkerumun lanjut Yandi, pihaknya menerima tahanan baru secara bertahap. Saat ini hanya 40 tahanan Kejaksaan dan Pengadilan Negeri Jember yang sudah menempati Lapas. Yandi mengaku ke 40 tahanan tersebut sudah dilakukan rapid tes dan hasilnya non reaktif. Meski demikian seluruh tahanan baru nantinya akan selalu dipantau oleh tim satgas covid-19 Lapas Jember.

Lebih jauh Yandi menjelaskan, untuk proses menuju new normal pihaknya juga mengaku sudah mempersiapkan segala kebutuhannya, mulai dari masker, hand sanitizer, aturan jaga jarak dan tempat cuci tangan. Bahkan jika nantinya sudah diterapkan new normal satu tahanan hanya boleh dibesuk oleh satu orang saja.Namun kapan pastinya pemberlakuan new normal di Lapas Kelas 2a Jember, Yandi mengaku masuk menunggu instruksi dari pusat.

(236 views)