OJK Pastikan Seluruh Perbankan Dalam Kondisi Sehat

 

Beberapa hari belakangan beredar pesan berantai, yang berisi ajakan agar masyarakat menarik dananya yang tersimpan di 7 bank bermasalah.  Otoritas Jasa Keuangan atau OJK sebagai pengawas lembaga jasa keuangan, memastikan pesan berantai tersebut tidak benar, karena seluruh bank saat ini dalam kondisi sehat.

Kepala OJK Jember Azilsyah Noordin menjelaskan, dalam pesan berantai tersebut mengutip hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan. Sebagai Lembaga negara menurut Azil, BPK wajib melakukan pemeriksaan rutin terhadap OJK. Namun audit BPK ini dilakukan dengan tujuan untuk memperbaiki performance atas beberapa kekurangan yang terjadi, sehingga dirinya berharap tidak kemudian masyarakat serta merta menjustifikasi kondisi perbankan tidak sehat.

Jika ada beberapa kekurangan menurut Azil memang benar, tetapi kekurangan tersebut sudah dipenuhi oleh bank sesuai dengan rekomendasi BPK. Artinya setelah kekurangan tersebut sudah dipenuhi sesuai regulasi yang ada, maka saat ini sudah tidak ada masalah lagi. Azil berharap masyarakat tidak perlu khawatir atas dana miliknya yang tersimpan di bank, apalagi tabungan nasabah terlindungi oleh Lembaga Penjamin Simpanan atau LPS.

Sebelumnya diberitakan beberapa media nasional, ketua BPK RI Agung Firman Sampurna menyatakan tidak pernah melakukan konferensi pers, ataupun mengeluarkan pernyataan tersebut. Apalagi pemeriksaan dilakukan semester kedua tahun 2019, sehingga hasilnya sudah diserahkan sekitar 7 sampai 9 bulan lalu. Arinya catatan dan rekomendasi BPK sudah ditindaklanjuti. Karena itu masyarakat tidak perlu khawatir ataupun ragu, karena operasional bank diawasi langsung oleh OJK.

(498 views)