Ternyata Pemkab Jember Tidak Mengajukan Formasi CPNS 2019

IMG-20191031-WA0082Teka-teki penyebab Jember menjadi satu-satunya kabuoaten yang tidak mendapat formasi CPNS 2019 terjawab, setelah Komisi A DPRD Jember mendapat penjelasan langsung dari kepala BKN Regional 2 Jawa Timur Kamis siang. Penyebabnya ternyata memang pemkab Jember tidak mengajukan kebutuhan formasi CPNS 2019.

Ketua komisi A DPRD Jember Tabroni melalui telefon selularnya menjelaskan, dari keterangan BKN Regional 2 Jawa Timur, sesuai peraturan pemerintah nomor 11 tahun 2017, pengajuan formasi CPNS harus dilakukan satu tahun sebelumnya, karena banyak tahapan yang harus dilalui. Jika ada satu saja tahapan yang tidak dilalui, maka tidak akan mendapat formasi CPNS.

Untuk Jember sendiri ternyata memang tidak pernah mengajukan formasi CPNS 2019, yang harusnya diajukan sejak tahun 2018 lalu. Pemkab Jember baru mengajukan usulan formasi CPNS 2019,dibulan Agustus 2019 lalu. Karena baru diusulkan ditahun yang sama tentu saja usulan tersebut tidak bisa dipenuhi. karena waktu untuk melakukan sejumlah tahapan yang disyaratkan tidak mencukupi.

Mengenai alasan pemkab Jember tidak mengajukan, BKN Regional 2 Jawa Timur tidak bisa menjelaskan secara rinci, karena tentu hanya pemkab Jember yang tahu alasannya. Untuk itu sesampai di Jember nanti, komisi A akan mengundang OPD terkait untuk menjelaskannya.

(2.594 views)