Komisi ASN Tegur Bupati Jember Terkait Mutasi Pejabat Tidak Prosedural

ksnMasih hangat kabar tentang Jember yang tidak mendapatkan formasi CPNS 2019, kabar tidak sedap kembali menimpa kabupaten Jember. Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN tertanggal 15 Oktober 2019, tentang pelanggaran mutasi pegawai di lingkungan pemkab Jember.

Ketua Komisi A DPRD Jember Tabroni menilai wajar Komisi ASN memberikan teguran. Sebab jika penempatan pegawai tidak sesuai dengan kompetensinya, tentu dibelakang hari akan menimbulkan persoalan, khusuanya pelayanan kepada masyarakat. Apalagi terkait posisi pejabat kepegawaian, yang mestimya mendapat rekomendasi dari Komisi ASN, seperti halnya Kepala Dispenduk yang mendapat rekomendasi dari Kemendagri.

Atas adanya surat teguran ini Tabroni minta bupati segera mengembalikan posisi ASN sesuai kompetensinya, seperti yang di rekomendasikan oleh Komisi ASN. Untuk menindaklanjuti surat teguran tersebut lanjut Tabroni, sepulang dari kunjungan ke BKN Provinsi jawa timur di Surabaya, Komisi A akan memanggil BKPSDM dan OPD terkait.

Dalam surat teguran yang dilayangkan Komisi ASN kepad Bupati Jember, proses mutasi beberapa pejabat dinilai menyalahi aturan dan tidak sesuai kompetensi. Di antaranya mutasi kepala BPKAD menjadi kepala BKPSDM, Kepala BKPSDM mwnjadi kepala Bapenda, serta mutasi sejumlah dokter RSD Subandi ke Dinas perlindungan pwrempuan dan anak. Sementara sekkab Jember dan kepala BKPSDM hingga berita ini diturunkan belum berhasil dikonfirmasi.

(1.940 views)