Sempat Dehidrasi Berat 6 Petugas BPBD yang Terjebak Karhutla Gunung Argopuro Berhasil diselamatkan

Setelah petugas berhasil menyelamatkan Rudi seorang pemburu burung asal Desa Sucopangepok, Kecamatan Jelbuk dari kebakaran hutan dan lahan Gunung Argopuro, Selasa malam, petugas BPBD Jember juga berhasil menyelamatkan enam petugas BPBD Jember yang juga terjebak karhutla Gunung Argopuro.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Jember Heru Widagdo menjelaskan, sebenarnya karhutla di Lereng Gunung Argopuro sudah terjadi pada Sabtu sore dan baru Minggu kemarin kami kirimkan tim untuk melakukan pemantauan dan upaya pemadaman. Karena cukup banyaknya titip api, sehingga petugas BPBD dibagi beberapa tim.

Selang beberapa jam kemudian ternyata salah satunya tim yang beranggotakan Rezha, Juan, Farid, A. Gayuh, Irfan, dan Bagus, sekitar pukul 10.00 wib memberi kabar melalui radio bahwa tim tersebut terjebak dan meminta bantuan penjemputan. Atas informasi tersebut akhirnya dua tim lainnya ditugaskan untuk menjemput tim yang terjebak.

Karena medannya dan banyaknya titik api, kedua tim baru berhasil menyelamatkan korban sekitar pukul 18.00 wib. Ke enam korban ditemukan selamat di titik kordinat dengan ketinggian 1919 mdpl desa Suci Kecamatan Panti, dengan kondisi mengalami dehidrasi berat.

(457 views)