Giliran BEM 10 Perguruan Tinggi di Jember Gelar Aksi Unjukrasa

demoSetelah Cipayung Plus melakukan aksi senin pagi, hari ini giliran ratusan aktivis Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa seluruh Universitas di Jember melakukan aksi unjukrasa. Mereka menuntut pembatalan undang-undang pertanahan, serta menolak kenaikan iuran BPJS Kesehatan.

Korlap Aksi Muhammad Rizal menjelaskan, persoalan agraria di Indonesia sampai detik ini masih banyak yang belum tuntas. Ditambah lagi dengan rencana pengesahan RUU Pertanahan yang dinilai tidak berpihak kepada rakyat.

Kebijakan pemerintah semakin mencekik rakyat, ketika nantinya iuran BPJS benar-benar dinaikkan. Sebab pemerintah mewajibkan seluruh masyarakat menjadi peserta BPJS. Disisi lain audit terhadap BPJS tidak pernah dilakukan. Karena itu aliansi BEM se Kabupaten Jenber yang terdiri dari 10 perguruan tinggi, dengan tegas menolaknya.

Di Gedung DPRD Jember perwakilan mahasiswa ini ditemui langsung oleh keempat pimpinan, dengan di dampingi beberapa orang anggota dewan lainnya. Wakil Ketua DPRD Jember Ahmad Halim mengatakan, DPRD Jember memfasilitasi dengan mengirimkan pernyataan sikap mahasiswa kepada DPR RI melalui fax, agar dapat menjadi salah satu bahan pertimbangan sebelum diputuskan.

(658 views)