Tanpa Sumbangan Cakades Kencong Tetap Bisa Mencalonkan Diri

Meski menolak memberikan sumbangan sepeserpun kepada Panitia Pilkades, Calon Kades Kencong Slamet Arifin tetap bisa mencalonkan diri. Sejak awal Arifin menolak dimintai sumbangan, karena dirinya tahu sumbangan bukan menjadi syarat pencalonan Kepala Desa.

Melalui telepon selularnya Arifin menceritakan, sejak awal memang dirinya berniat untuk tidak memberikan sumbangan, karena sesuai aturan sumbangan tidak bersifat mengikat dan juga bukan syarat pencalonan. Bahkan meski sempat dimediasi oleh Muspika dalam Forum Musyawarah Desa, dirinya tetap menolak.

Apalagi menurut Arifin, kebutuhan Pilkades di Desa Kencong mencapai 248 juta rupiah, yang akan ditanggung oleh 2 calon kades, yakni dirinya dan petahana. Dalam Forum Musyawarah Desa tersebut secara jujur dirinya menyampaikan, nilai sumbangan sangat besar dan dirinya tidak punya uang sebanyak itu.

Setelah melalui proses musyawarah cukup panjang yang di fasilitasi oleh Muspika setempat, disepakati Arifin tetap diperbolehkan mencalonkan diri sebagai Calon Kepala Desa Kencong bersaing dengan petahana. Namun untuk kekurangan kebutuhan anggaran Pilkades, seluruhnya ditanggung oleh Petahana.

(280 views)