Pilkada Jember Butuh Anggaran 75 Milyar Rupiah

KPU Kabupaten Jember sudah berkoordinasi dengan Bupati, terkait rencana kebutuhan anggaran Pilkada Jember 2020. Sesuai rancangan KPU, Pilkada Jember butuh sedikitnya 75 mikyar rupiah. Namun angka tersebut masih akan dilakukan review ulang, sebelum nantinya ditetapkan.

Komisioner KPU Kabupaten Jember Andi Wasis menjelaskan, pihaknya sudah menghitung dan mengkonsultasikan kebutuhan anggaran Pilkada bersama Bupati Faida, yang nilainya untuk sementara di kisaran 75 mikyar rupiah.

Nilai tersebut menurut wasis masih belum final, karena juga masih harus dikonsultasikan dengan KPU Provinsi Jawa Timur. Bersama KPU Provinsi nanti akan di review, apakah masih ada kebutuhan lain yang belum dianggarkan, atau ada kebutuhan yang sudah dianggarkan padahal semestinya tidak perlu.

Lebih jauh Wasis menjelaskan, ada sejumlah perbedaan kebutuhan antara Pilkada dan Pilpres lalu. Seperti Alat Peraga Kampanye, dimana saat Pilpres lalu pengadaan logistik dilakukan oleh KPU RI, dan diberikan kepada peserta pemilu tanpa anggaran pemasangan. Sedangkan dalam Pilkada KPU memberikan APK sekaligus anggaran pemasangannya.

(238 views)