Mulai Hari ini Calon Jamaah Haji Jember Jalani Pembinaan Manasik Haji

2905manasik-hajiilustrasi

Terhitung sejak hari ini, ribuan calon jamaah haji Kabupaten Jember, mulai jalani pembinaan manasik haji tingkat kabupaten. Sesuai jadwal, pembinaan manasik haji di tingkat kabupaten ini akan dilakukan sebanyak dua kali.

Kasi Haji Dan Umrah Kantor Kementerian Agama Jember Achmad Thalabi kepada sejumlah wartawan menjelaskan, seperti tahun-tahun sebelumnya, tiap-tiap calon jamaah haji mendapat kesempatan mengikuti latihan manasik haji yang difasilitasi pemerintah sebanyak 8 kali. Yakni 6 kali di tingkat Kantor Urusan Agama KUA atau tingkat kecamatan, dan dua kali di tingkat kabupaten yang diselenggarakan Kemenag.

Untuk calon jamaah haji Kabupaten Jember sendiri, latihan manasik secara bertahap sudah dimulai hari ini. Dalam manasik yang diselenggarakan di Gedung Serbaguna Kaliwates ini, agar dapat melatih kesiapan calon jamaah haji sekaligus pendamping kloter, pihaknya sengaja dibagi sesuai dengan kloter masing-masing, sekaligus siapa yang menjadi pendamping tiap-tiap kloter.

Lebih lanjut Thalabi menjelaskan, untuk calon jamaah haji kabupaten jember, dibagi menjadi kloter 43 hingga 47 yang merupakan kloter campuran. sesuai jadwal kloter 43 sampai 46 akan berangkat pada tanggal 21 Juli, sementara kloter 47 akan berangkat padal 22 Juli.

(440 views)