3 Orang Pengawas TPS Sakit Usai Kawal Kotak Suara

Setelah melaksanakan tugas sebagai Pengawas Pemungutan Suara 17 April lalu, 3 orang Pengawas TPS dilaporkan jatuh sakit. Bahkan satu di antaranya harus menjalani rawat inap di rumah sakit. Demikian disampikan Komisioner Bawaslu Kabupaten Jember Devi Aulia.

Devi menjelaskan, tugas melakukan pengawasan yang dibebankan kepada pengawas TPS memang sangat berat. Mereka harus mengawal logistik pemilu sejak H-1 hingga diserahkan ke PPS selama 24 jam penuh. Akibatnya 3 pengawas TPS di Kaliwates, Sumbersari dan Arjasa jatuh sakit.

Beruntung mereka sudah menyelesaikan tugasnya hingga mengawal logistik pemilu di tingkat desa. Jika masih ada yang belum terselesaikan, maka PPS setempat yang akan membackup. Bawaslu sendiri sudah mendatangi mereka, dan memastikan saat ini kondisi kesehatannya sudah berangsur membaik.

Untuk biaya pengobatan lanjut Devi, PTPS memang belum dijamin asuransi. Meski demikian Bawaslu berupaya secara swadaya memberikan bantuan, setidaknya untuk meringankan beban biaya pengobatan mereka.

(179 views)