Bawaslu Pastikan Isu Adanya Caleg Tertangkap Tangan Kasus Money Politic Merupakan Hoax

cara-melaporkan-informasi-atau-berita-hoax-di-media-social-1024x549Bawaslu Jember memastikan isu terkait adanya salah satu caleg yang tertangkap tangan melakukan money politic di Kecamatan Kencong, Puger dan Gumukmas, yang viral di media sosial merupakan kabar bohong atau hoaks. Demikian yang disampaikan Ketua Bawaslu Jember Imam Thobrony Pusaka, saat dikonfirmasi melalui telepon selularnya Selasa siang.

Menurut Thobrony, Senin malam beredar isu di media sosial whatapps yang menyebut bahwa ada salah satu caleg asal Gumukmas yang tertangkap tangan saat membawa uang sebesar 600 juta untuk serangan fajar di Kecamatan Kencong. Bahkan informasi yang kedua juga menyebut caleg yang sama juga tertangkap di Desa Mlokorejo Kecamatan Puger.

Berbekal informasi yang viral tersebut lanjut Thobrony, pihaknya bersama Panwascam langsung turun ke TKP. Setelah dilakukan penelurusan, ternyata tidak ada barang bukti dan pelaku seperti yang diisukan di media sosial. Sementara untuk kejadian di Desa Mlokorejo berdasarkan penelusuran Panwascam Puger, ternyata yang ditangkap bukan caleg melainkan bandar narkoba.  Karena itu Thobrony memastikan, informasi tersebut tidak terbukti kebenarannya.

Sementara Kasat Narkoba Polres Jember AKP Miftahul Huda saat dikonfirmasi mengenai informasi adanya bandar narkoba yang ditangkap di Desa Mlokorejo, mengaku tidak tahu menahu.

(227 views)