Ruko Jompo Terancam Digusur

Jalan-Ambles-640x480
sumber foto: faktualnews.co

Ruko Jompo dibangun diatas sempadan sungai, yang mestinya secara aturan tidak boleh ada bangunan. Karena itu Dinas Pengairan Pemprov Jawa Timur akan berkoordinasi dengan Pemkab Jember, agar bangunan trsebut segera digusur.

Kepala UPT Pengairan Provinsi Jawa Timur Wilayah Jember Lumajang Djoko Wahjono menjelaskan, jika dilihat dari posisinya bangunan ruko tersebut bukan hanya berada di sempadan sungai, tetapi sudah menggantung diatas Sungai Jompo. Mestinya areal tersebut menurut Djoko tidak boleh ada bangunan apapun, karena di khawatirkan akan mengganggu aliran sungai.

Terlebih lagi saat ini dirinya melihat bangunan ruko di atas Sungai Jompo tersebut sudah banyak direnovasi bertingkat, bahkan di atasnya berdiri papan reklame yang cukup besar. Padahal sejauh ini Djoko memastikan belum pernah ada pengajuan ijin mendirikan bangunan di atas sungai Jompo, kepada Dinas Pengairan Provinsi Jawa Timur yang memiliki kewenangan.

Karena itu Djoko menilai sempadan sungai itu harus dikembalikan sebagaimana semula agar berfungsi normal. Namun mengingat Ruko tersebut merupakan aset Pemkab, sebelum melakukan penggusuran pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemkab Jember terlebih dahulu.

(754 views)