Harga Gabah Anjlok Puluhan Petani Geruduk Gedung Dewan

IMG-20190328-WA0040-1
sumber foto: beritajatim.com

Puluhan petani jember yang tergabung dalam Forum Komunikasi Petani Jember Fkpj, kamis siang menggelar aksi unjukrasa di gedung Drpd Jember. Mereka menuntut adanya perhatian pemerintah terkait harga gabah yang berada di bawa Hpp.
Koordinator aksi Jumantoro dalam orasinya menjelaskan harga gabah di tingkat petani di kabupaten jember berada di kisaran 2.500 rupiah hingga 3.000 per kilogram. Harga tersebut jauh lebih rendah dari Harga Pokok Penjualan (Hpp) yang ditetapkan pemerintah, yakni rp 3.700 per kilogram. Harga tersebut menurut jumantoro lebih rendah dari katul makan babi yang mencapai 3.400 per kilogram. Anehnya di saat para petani jember sedang kesusahan tidak satupun aparat pemerintah daerah yang terjun ke bawah melihat kondisi rakyatnya.
Karena itulah hari ini bersama puluhan petani jember lainnya melakukan aksi unjuk rasa, menuntut hadirnya pemerintah untuk memberikan solusi terkait anjloknya harga gabah. Petani juga meminta minimal harga gabah di petani 4.300 per kilogram, serta agar inpres tahun 2015 segera direvisi, sebab biaya bercocok tanam padi di tahun 2015 berbeda dengan saat ini. Penderitaan petani semakin bertambah, karena saat ini bulog tidak lagi membeli gabah ke petani. Sayangnya mespun massa masuk ke ruang rapat dprd jember, tak satupun anggota dewan yang menemui mereka.
Sementara Anggota Komisi B Imam Suyuti saat dikonfirmasi secara terpisah mengapresiasi langkah puluhan petani yang sudah menyuarakan nasib petani kareja harga gabah anjlok. Menurut imam terkait revisi Hpp sebenarnya merupakan kewenangan pemerintah pusat.
Imam juga membenarkan bahwa saat bulog sudah tidak lagi membeli gabah ke patani. Namum imam mengaku tidak tahu menahu apa yang menjadi alasannya. Terkait apakah nantinya Dprd Jember akan melakukan hearing dengan petani terkait persoalan harga gabah, Imam masih akan berkoordinasi dengan anggota dewan lainnya.

(572 views)