Putusan Mantan Sekkab dan Kepala BPKAD Inkrah

Setelah mantan Sekkab Sugiarto dan mantan Kepala BPKAD Ita Puri Handayani melalui kuasa hukumnya Muhammad Nuril menyatakan tidak banding, giliran Jaksa Penuntut Umum menyatakan hal yang sama. Dengan demikian putusan Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Surabaya atas kasus dugaan korupsi dana bansos 2015 sudah berkekuatan hukum tetap.
Kepala Seksi Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Jember Herdian Rahadi menyebutkan, memang dalam sidang jaksa menuntut kedua terdakwa masing-masing 1,5 tahun penjara dan denda 100 juta rupiah. Namun majelis hakim menjatuhkan vonis 1 tahun dan denda 50 juta rupiah.
Putusan tersebut lanjut hardian, sudah didiskusikan dengan pimpinan dan petunjuknya agar jaksa penuntut melakukan langkah sesuai SOP. Sesuai SOP jaksa bisa menerima putisan hakim jika tidak kurang dari 2,3 dari tuntutan. Karena itu Jaksa Penuntut Umum memutuskan untuk tidak mengajukan banding.
Sebelumnya kedua terdakwa melalui kuasa hukumnya Muhammad Nuril, menyatakan menerima putusan Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Surabaya, yang menjatuhkan vonis 1 tahun penjara dan denda masing-masing 50 juta rupiah subsider 3 bulan kurungan.

(183 views)