Susah Signal UNBK SMK Di Sukowono Pakai Hotspot Smartphone

SMK Miftahul Waritsin Desa Sukosari Sukowono, terpaksa menggunakan hotspot smartphone untuk pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer yang dimulai hari ini. Sebab letak geografis sekolah menyebabkan signal. Internet telkom sulit di jangkau.
Busan Kepala SMK Miftahul Waritsin menjelaskan, sebelumnya sudah pernah dicoba dengan memasang wifi telkom, namun kecepatan yang diperoleh maksimal hanya 0,22 mbps, sehingga tidak mungkin bisa dipakai untuk pelaksanaan unbk.
Akhirnya dengan bantuan salah satu mahasiswa IT Unmuh, pihaknya dibuatkan semacam alat penghantar signal menggunakan hotspot smartphone. Alat yang terbuat dari antena tv bekas tersebut ditaruh diatas bambu sepanjang 10 meter, sehingga bisa mendapatkan signal hotspot smartphone hingga 10 mbps.
Busan mengaku penggunaan alat ini sudah pernah dilakukan tahun 2018 lalu, dan pelaksanaan unbk berjalan lancar hingga selesai. Karena itu busan optimis penggunaan alat serupa untuk pelaksanaan UNBK tahun ini juga dapat berjalan lancar.
Sementara Kepala Cabang Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Timur Di Jember Utfi Isa Anshori, mengapresiasi kreatifitas SMK Miftahul Waritsin untuk bisa melaksanakan unbk mandiri. Lufti akan segera mendata sekolah dengan kondisi geografis serupa, agar bisa mengaplikasikan cara kreatif seperti yang dilakukan SMK Miftahul Waritsin.

(233 views)