Dana Desa dan Alokasi Dana Desa Untuk Ratusan Desa Belum Dicairkan

Dari total 226 desa yang ada di Kabupaten Jember, sampai hari ini baru 66 desa yang sudah mencairkan Dana Desa yang bersumber dari APBN. Bahkan untuk Alokasi Dana Desa atau ADD yang bersumber dari APBD Kabupaten, yang sudah dicairkan baru 25 desa.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarayat Desa Eko Heru Sunarso menjelaskan, sebenarnya Dana Desa tahap pertama yang bersumber dari APBN sudah masuk di Kas Daerah sejak awal Februari lalu. Namun sampai hari ini baru 66 desa yang sudah mencairkan, sedangkan ratusan desa lainnya masih terkendala belum selesainya APBDES.

Bahkan lanjut Heru, untuk pencairan Alokasi Dana Desa yang bersumber dari APBD jauh lebih sedikit lagi, yakni baru sekitar 25 desa. Padahal Menurut Heru, pihaknya sudah berulang kali meminta Pemerintah Desa segera menyelesaikan syarat administrasi untuk pencairan DD maupun ADD. Saat ini dirinya sedang berkoordinasi dengan sekretariat Pemkab Jember, untuk membantu melakukan pendampingan kepada Pemerintah Desa.

Lambatnya pencairan DD dan ADD ini menurut Heru, bukan hanya berdampak terhadap lambatnya pembangunan di desa, tetapi juga menghambat pencairan Dana Desa tahap kedua untuk seluruh desa. Sebab sesuai aturan, Dana Desa tahap kedua baru bisa dicairkan, jika seluruh desa sudah melaksanakan dan mempertanggungjawabkan penggunaan dana desa tahap pertama.

(649 views)