Tidak Masuk DPT Masyarakat Bisa Gunakan KTP untuk Mencoblos

Sesuai hasil kesepakatan KPU RI bersama DPR RI beberapa waktu lalu, masyarakat yang belum masuk dalam Daftar Pemilih Tetap atau DPT, masih bisa menyalurkan hak pilihnya dengan menggunakan e-KTP atau surat keteranga di TPS temPat domisilinya. Demikian disampaikan Komisioner KPU Jember Rima Diana Puspita.

Rima menjelaskan, sejauh ini dari data KPU terdapat sedikitnya 568 orang di 19 kecamatan belum masuk DPT. Dari jumlah tersebut terbanyak berada di Kecamatan Patrang dan Kaliwates. Meski demikian masyarakat yang belum masuk DPT, masih bisa menyalurkan hak pilihnya dengan menggunakan e-KTP atau Suket

KPU akan menyiapkan form Daftar Pemilih Khusus atau DPK di setiap TPS, untuk mendata masyarakat yang menyalurkan hak pilihnya dengan menggunakan KTP. Namun yang harus menjadi catatan lanjut Rima, pemilih menggunakan e-KTP hanya bisa dilakukan di TPS domisilinya satu jam sebelum ditutup, atau sekitar jam 12.00 sampai jam 13.00.

Diberitakan sejumlah media nasional, rapat dengar pendapat antara Komisi 2 DPR RI bersama Mendagri, KPU dan Bawaslu diperoleh kesimpulan, e-KTP dan Surat Keterangan bisa dipakai untuk menyalurkan hak pilih, bagi masyarakat yang belum masuk DPT.

Meski demikian Komisi 2 minta Kemendagri mempercepat proses pencetakan e-KTP bagi masyarakat yang sudah melakukan perekaman data, paling lmbat 31 Maret memdatang. Sehingga diharapkan 17 April nanti penggunaan Suket sangat minim atau bahkan tidak ada sama sekali.

(208 views)