Berfungsinya Bandara Tergantung Kemampuan Pemkab Promosikan Daerahnya

Bandara baru akan berfungsi optimal jika kondisi kota layak dikunjungi oleh orang-orang dari luar kota. Demikian disampaikan Pengamat Penerbangan Nasional yang juga Komisioner Ombusman RI Alvin Lie melalui telefon selularnya, menanggapi pengurangan frekuensi penerbangan oleh Garuda dan Wings Air.

Alvin berpendapat, memperbagus fasiltas Bandara hanya berfungsi agar calon penumpang lebih nyaman saat menunggu penerbangan. Sehingga memperbagus fasilitas bukan jaminan bandara akan berfungsi maksimal, karena percuma saja bandara dibuat bagus tetapi tidak ada orang yang berkunjung ke Jember.

Masyarakat datang ke Jember menurut Alvin, biasanya untuk keperluan bisnis, wisata dan kegiatan politik. Karena itu jika ingin bandara di Jember berfungsi maksimal, sebenarnya tergantung Pemerintah Daerah mempromosikan potensi daerahnya. Sebab penumpang pesawat tidak pernah lihat bandaranya, tetapi bertujuan mendatangi daerahnya.

Agar Bandara Notohadinegoro Jember bisa berfungai maksimal, tidak bisa jika hanya mengandalkan moment tertentu saja. Karena itu menurut Alvin, Pemkab Jember harus memaksimalkan pengembangan potensi daerah yang dimiliki, sehingga menarik masyarakat untuk datang ke Jember dengan menggunakan fasilitas penerbangan.

(416 views)