Tol Probowangi Tidak Lewat Jember

Sampai hari ini belum ada rencana perubahan pembangunan jalan tol Trans Jawa. Artinya jalan tol tetap akan melalui jalur Utara dan tidak melalui Kabupaten Jember. Demikian disampaikan Pejabat Pembuat Komitmen atau PPK Proyek Tol Probowangi 1 Agus Winarno, menyikapi pernyataan Bupati Jember Faida beberapa waktu lalu.

Saat dikonfirmasi via telepon selulernya Agus menyampaikan, berdasarkan keterangan dari Kepala Badan Pengatur Jalan Tol atau BPJT, sejauh ini peta lokasi jalur tol Probowangi belum ada perubahan. Yakni tetap melalui jalur Utara jawa, mulai dari Probolinggo, Paiton, Besuki, Situbondo, Asembagus, Baluran sampai ke Banyuwangi.

Terkait pernyataan Bupati Faida, Agus menduga mungkin itu sebuah harapan dari seorang Kepala Daerah, agar wilayahnya dapat dilalui tol trans jawa. Namun sekali lagi dia menegaskan, bahwa adanya perubahan rute atau tidak sepenuhnya menjadi kewenangan dari Kementerian PUPR sebagai pemilik proyek.

Agus menambahkan, tol Probowangi memang terkendala dengan adanya lapangan tembak di Baluran. Saat ini pihaknya masih melakukan studi kelayakan terkait jalur alternatif. Hasilnya seperti apa, sampai detik ini belum ada kesimpulan.

(576 views)