HMI Desak Pemerintah Indonesia Merespon Persekusi Terhadap Etnis Muslim Uyghur

IMG-20181221-WA0016Himpunan Mahasiswa Muslim Indonesia HMI Cabang Jember, Jumat pafi menggelar aksi unjuk rasa di bundaran DPRD. Mereka menuntut pemerintah Indonesia segera bersikap, atas pelanggaran HAM yang terjadi di thiongkok terhadap etnis Muslim Eyghur.

Ketua HMI Cabang Jember Arif Wibowo menuturkan, pihaknya mengecam keras pelanggaran HAM oleh pemerintah Tiongkok terhadap etnis Muslim Eyghur di Provinsi Xianjiang. Tanpa proses hukum yang jelas, Etnis Uyghur ditahan dan dilarang melaksanakan perintah agamanya.

Dengan aksi ini lanjut Arif, HMI mendesak pemerintah pro aktif menekan PBB dan Amesty Internasional, untuk menegakkan HAM di Tiongkok berdasarkan Universal Decration Of Human Right. HMI juga mendesak pemerintah Indonesia melakukan langkah diplomasi, untuk mengakhiri pelanggaran ham terhadap Etnis Uyghur.

Menanggapi hal tersebut Ketua Komisi D DPRD Jember Mohammad hafidi mengatakan, DPRD Jember akan memfasilitasi aspirasi mahasiswa ini dengan mengirimkan fax langsung ke DPR RI. Sehingga tuntutan mahasiswa ini nantinya bisa segera disampaikan kepada pemerintah pusat untuk ditindaklanjuti.

(274 views)