Khawatir Terjerat Hukum Warga Serahkan Hewan Dilindungi Peliharaannya ke Polisi

Polsek Panti Kamis sore menerima penyerahan dua ekor landak milik Faisol Sholehuddin warga Desa Serut Kecamatan Panti, dan seekor monyet milik Muhammad Rifa’i warga Jatiroto Lumajang. Hewan dilindungi tersebut diserahkan oleh pemeliharanya setelah mendapat penjelasan dari anggota Polsek Panti.

Kapolsek Panti AKP Muhammad Zuhri menceritakan, awalnya pihaknya menerima laporan dari masyarakat bahwa ada salah seorang warga bernama Faisol Sholehuddin yang memelihara hewan yang dilindungi berupa dua ekor landak. Dan seorang bernama Muhammad Rifa’i menjadikan monyet peliharannya sebagai topeng monyet untuk mencari uang, di wilayah hukum Polsek Panti. Berbekal laporan tersebut, Anggota Polsek Panti langsung mendatangi rumah pemelihara hewan dilindungi tersebut.

Setelah diberikan pemahaman bahwa barang siapa yang memelihara hewan dilindungi tanpa izin, dapat dipidana sesuai sesuai Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 Tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya, Faisol Sholehuddin langsung menyerahkan dua ekor landak yang merupakan binatang peliharaan kesayangannya. Begitupun dengan Muhammad Rifai yang saat didatangi ke rumahnya juga menyerahkan seekor monyet yang biasa dijadikan topeng monyet untuk mencari uang.

Lebih lanjut Zuhri menjelaskan,  tiga ekor hewan dilindungi saat ini sudah diserahkan ke BKSDA Jember, untuk dilakukan cek up kesehatan dan juga rehabilitas dipusat karantina hewan. Zuhri berharap warga Panti yang masih memelihara hewan dilindungi secara ilega, juga bisa meyerahkannya ke Mapolsek Panti.

(253 views)