Bawaslu Diharapkan Bisa Tetap Bersikap Netral

Bawaslu Provinsi Jawa Timur berharap, Bawaslu Kabupaten Jember bisa tetap bersikap netral dan serius, memproses temuan dugaan pelanggaran dalam video Bupati Jember yang sempat viral di media sosial. Dalam video tersebut diduga Bupati sengaja mengkampanyekan suaminya yang juga sebagai Caleg DPR RI dari Partai Nasdem.

Komisioner Bawaslu Jatim Ikhwanudi Alfianto, mengaku sudah mendengar dan mendapat video tersebut. Dan sejauh ini informasi yang diperolehnya, Bawaslu Kabupaten Jember sebagai pihak yang mengetahui secara tehnis, sedang melakukan kajian dan pendalaman.

Sebelum ada kesimpulan dari Bawaslu Kabupaten Jember yang berwenang penuh, Ikhwanudi belum bersedia berkomentar lebih jauh. Namun Ikhwanudi berharap Bawaslu Jember mampu bersikap netral, dan menindak tegas siapapun yang terbukti melakukan pelanggaran, tanpa melihat status dan jabatan pelaku.

Sebelumnya sempat viral di media sosial, video Bupati saat memberikan paparan netralitas ASN dalam kongres perangkat desa, di Aula PB Sudirman Pemkab beberapa waktu lalu. Dalam video nampak Bupati mengatakan, jangan teriak-teriak nama suaminya yang penting dicoblos.

(336 views)