Bank Indonesia Jamin Ketersediaan Uang Rupiah Menjelang Natal Dan Tahun Baru Aman

 Untuk melayani kebutuhan uang rupiah menjelang natal dan tahun baru 2019, Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia Jember menyiapkan uang senilai 4,1 trilyun rupiah, yang akan didistribusikan ke Kabupaten Jember, Lumajang, Bondowoso, Situbondo dan Banyuwangi.

Kepala Sistem Pembayaran dan Manajemen Intern KPW BI Jember Febriana menjelaskan, realisasi kebutuhan uang rupiah untuk natal 2017 dan tahun baru tahun baru 2018 lalu, mencapai angka 2,4 triliun. Sementara untuk natal 2018 dan tahun baru 2019, kebutuhan uang diproyeksikan mengalami peningkatan sginifikan, yakni mencapai 4,1 triliun rupiah.

Meski mengalami peningkatan lanjut Febriana, pemenuhan kebutuhan uang selama libur natal dan tahun baru masih relatif aman. Sebab realisasi sampai minggu lalu sebesar 1,4 triliun rupiah, dan posisi kas BI saat ini mencapai 4,5 triliun rupiah.

Untuk penukaran uang pecahan kecil lanjut Febriana, bisa dilakukan di bank konvensional. Sedangkan untuk penukaran uang lama yang sudah dicabut, yakni pecahan 100 ribu, 50 ribu, 20 ribu dan 10 ribu, hanya bisa dilakukan di Bank Indonesia. Rencananya, Bank Indonesia Jember akan membuka  pelayanan penukaran pada tanggal 29 dan 30 Desember 2018, mulai pukul 8 pagi hingga 12 siang.

(259 views)