Dorong Pengembangan Batik Khas Jember, BI Bentuk Cluster Batik Ambulu

Melihat adanya potensi yang sangat besar, Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia Jember, bekerjasama dengan Dinas Pariwisata, Disperindag, Dinas Koperasi, dan Asosiasi Pembatik Jember, membentuk Cluster Batik Ambulu. Penandatanganan kerjasama dilakukan Rabu siang di Ruang Rapat Bank Indonesia Jember.

Kepala Kantor Perwakilan Wilayah BI Jember Hestu Wibowo menjelaskan, dipilihnya Cluster Batik ini sebelumnya sudah melalui kajian mendalam oleh Universitas Jember. Dari sekian potensi yang ada seperti kuliner, pertenakan dan potensi lokal lainnya, batik sebagai warisan budaya dinilai dapat dikembangkan sebagai produk unggulan nasional bahkan internasional.

Meski batik sudah diakui secara nasional, tentu Kabupaten Jember harus memiliki kekhasan corak tersendiri. Bank Indonesia lanjut Hestu, akan melakukan pendampingan cluster batik ini mulai dari hulu ke hilir. Jadi bukan hanya urusan peningkatan produksi, tetapi akan didampingi mulai dari proses perencanaan, produksi hingga pemasarannya.

Sementara Ketua Asosiasi Pembatik Ambulu atau ASPA Imam Syafi’i menyebutkan, dalam dua tahun terakhir batik Jember mengalami perkembangan cukup pesat. di Ambulu saja, saat ini terdapat sedikitnya 8 titik sentra batik, yang mayoritas hanya untuk memenuhi pasar lokal. Meski ada sebagian kecil yang sudah mampu menembus Kanada, untuk memenuhi permintaan komunitas warga Indonesia di Kanada.

Imam berharap dengan dibentuknya Cluster Batik Ambulu ini, selain bisa meningkatkan produksi batik khas Jember, juga dapat memperluas pasar agar batik khas Jember dapat di kenal luas di mancanegara.

(421 views)