Kendaraan Tidak Diperpanjang Dua Tahun Dianggap Bodong Merupakan Hoax

Kasat Lantas Polres Jember AKP Edwin Natanael memastikan, isu bahwa kendaraan bermotor tidak diperpanjang selama dua tahun berturut-turut dianggap bodong yang sempat viral di media sosial, merupakan kabar bohong atau hoax.

Menurut Edwin, hingga saat ini pihaknya belum menerima surat keputusan, yang menyebut kendaraan bermotor yang tidak diperpanjang selama dua tahun berturut-turut dianggap kendaraan bodong. Berdasarkan Perkap nomor 5 tahun 2012, kendaraan bermotor yang tidak diperpanjang selama dua tahun, secara otomatis nomor polisi kendaraan tersebut dianggap kadaluarsa bukan bodong.

Artinya lanjut Edwin, meski kendaraan tersebut memang dinyatakan tidak layak dan tidak sah untuk dijalankan, kendaraan tersebut masih bisa diperpanjang dengan melengkapi berkas sesuai ketentuan. Dan jika nantinya persyaratan dinilai lengkap, maka kendaraan tersebut akan diberikan nomor polisi yang baru.

Lebih lanjut Edwin menghimbau masyarakat yang memiliki kendaraan yang sudah dua tahun tidak diperpanjang tidak perlu panik, serta meminta secepatnya melakukan perpanjangan melalui kantor Samsat.

(432 views)