Polres Jember Limpahkan Berkas OTT Kasus Pungli Adminduk ke Kejaksan

Polres Jember Senin pagi melakukan pelimpahan tahap pertama, kasus OTT pungutan liar pengurusan adminduk ke Kejaksaan Negeri Jember. Proses pelimpahan ini dipimpin langsung Kapolres Jember AKBP Kusworo, dan diterima langsung Kajari Jember Ponco Hartanto.

Kepada sejumlah wartawan Kusworo menjelaskan, setelah Penyidik Tipikor Polres Jember merampungkan penyusunan berkas OTT pungli admindik dengan tersangka Kadispenduk berinisial Y dan warga sipil berinisial K, Senin pagi berita acara pemeriksaan langsung dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Jember untuk diteliti.

Menurut Kusworo dari hasil penyelidikan, selain menyita barang bukti berupa uang hasil pungli sebesar 10 juta rupiah, Penyidik Tipikor Polres Jember juga menyita barang bukti berupa 4 rekening milik Y dengan total hampir 200 juta. Sementara dari tangan tersangka K, polisi menyita barang bukti berupa sebuah mobil yang biaya cicilannya menggunakan uang hasil pungli adminduk, serta dua rekening milik tersangka K dan anaknya dengan total 50 juta rupiah.

Sementara Kepala Kejaksaan Negeri Jember Ponco menjelaskan, selama 14 hari kedepan pihaknya akan melakukan penelitian terhadap berkas terkait OTT pungli adminduk, yang dilimpahkan oelh Penyidik Polres Jember. Sesuai KUHAP lanjut Ponco, pihaknya memiliki batas maksimal 14 hari untuk menilai, apakah syarat formil dan materil berkas sudah terpenuhi atau tidak.

(518 views)