Secara Legal Belum Ada Pencabutan Keputusan Kawasan Tambang Emas Silo

Sejumlah tokoh masyarakat Silo Kamis siang mendatangi Pemprov Jawa Timur terkait penolakan rencana aktivitas tambang emas Silo. Namun karena tidak berhasil menemui Sekdaprov, mereka mendatangi Fraksi Gerindra DPRD Provinsi Jawa Timur meminta untuk difasilitasi.

Ketua Fraksi Gerindra DPRD Jatim Hadinudin melalui telefon selularnya menjelaskan, setelah difasilitasi bertemu Sekdaprov tokoh masyarakat Silo menyampaikan langsung keberatannya atas rencana aktivitas tambang emas. Sejauh ini menurut Sekdaprov, dua ijin prinsip tambang emas Silo dari Pemerintah Pusat sudah terpenuhi, sehingga harusnya bisa dilanjutkan dalam proses lelang.

Hadi juga mengaku sempat bertanya terkait info Bupati Jember, yang sudah menemui langsung Menteri ESDM Ignatius Jonan. Namun ternyata sejauh ini belum ada legal formal, pencabutan keputusan menteri terkait kawasan tambang emas Silo.

Dalam pertemuan tersebut Hadi meminta Sekdaprov segera berkoordinasi dengan instansi terkait, agar tidak terburu-buru melakukan proses lelang tambang emas Silo. Selain itu dalam waktu dekat Komisi D DPRD Jatim juga akan turun ke Jember, untuk berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah dan masyarakat Silo terkait persoalan ini. Yang pasti lanjut Hadi, Fraksi Gerindra sepakat dengan masyarakat untuk tetap menolak tambang emas.

(369 views)