Bea Cukai Musnahkan Puluhan Ribu Rokok dan Obat Ilegal

 

Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan, Jumat sore memusnahkan puluhan ribu batang rokok dan obat-obatan terlarang, di Kantor Bea Cukai Kabupaten Jember. Pemusnahan barang bukti dilakukan usai meresmikan Kantor Bea Cukai Kabupaten Jember yang terletak di Jalan Kalimantan Sumbersari.

Dirjen Bea dan Cukai Heru Pambudi menceritakan, sebanyak puluhan ribu dari 32 jenis rokok dan obat-obatan ilegal ini, merupakan barang bukti dari hasil kerja sama antara Bea Cukai Jawa Timur, PT Pos Indonesia Cabang Jember, Kodim 0824 Jember dan Polres Jember, sejak tahun 2016 hingga tahun 2018. Agar menjadi pembelajaran terhadap pelaku yang menyelundupkan serta memproduksi barang tanpa bea cukai, hari ini secara simbolis puluhan ribu barang bukti tersebut dimusnahkan.

Barang-barang ilegal tersebut lanjut Heru, seperti halnya rokok biasanya tidak beredar di perkotaan, namun beredar di kampung-kampung dengan sasaran pembeli masyarakat awam. Sementara untuk jenis obat-obatan bisanya bukan merupakan produk lokal, namun barang impor yang dikirim melalui jasa pengiriman pos ke seluruh pelosok Indonesia.

Karena itu, bersamaan dengan diresmikannya Kantor Bea dan Cukai Jember ini, selain bisa memberikan akses bagi pelaku usaha untuk melegalkan produknya. Heru juga berharap semua penegak hukum dan tokoh masyarakat di Kabupaten Jember dapat bersinergi memberantas produk ilegal yang ujung-ujungnya merugikan pengusaha yang legal.

(417 views)