Progam Pendidikan Gratis Dinilai Belum Tingkatkan Kesejahteraan GTT

Meski progam pendidikan gratis sudah dilaksanakan sejak awal tahun 2018, sampai hari ini ternyata belum bisa meningkatkan kesejahteraan GTT. Sebab aturan pemberian honor GTT dari anggaran PPG masih belum jelas.

Ketua PGRI Jember Supriyono menjelaskan, berbeda dengan dana bos yang sudah jelas aturan mainnya, sampai hari ini aturan pemberian honor GTT yang bersumber dari Progam Pendidikan Gratis masih belum jelas. Sehingga pemberian honor GTT dari dana PPG sangat rawan menimbulkan persoalan dibelakang hari.

Yang terjadi di lapangan lanjut Supriyono, sangat banyak GTT yang menerima honor jauh dari kata layak, dan juga jauh dari yang dijanjikan oleh Bupati. Bahkan menurut Supriyono, pencairan dana PPG juga tidak menentu, sehingga selain GTT sekolah juga harus menunggu berbulan-bulan.

Supriyono juga mengaku bahwa PGRI memiliki data, ratusan GTT yang sampai saat ini statusnya tidak jelas, karena belum mendapatkan surat penugasan dari Bupati. Karena itu Supriyono berharap Bupati bisa segera membuat kebijakan yang tegas, kemudian disosialisasikan kepada masyarakat khususnya kepada GTT.

(242 views)