Defisit 351 Milyar Pembahasan APBD Jember Tercepat Secara Nasional

Penyebab defisit APBD Jember 2019 senilai 351 Milyar, salah satunya akibat terjadinya penambahan anggaran Biaya Operasional Sekolah atau dana BOS, serta penambahan anggaran di Bakesbangpol untuk penunjang kegiatan festival HAM Internasional.

Bupati Jember Faida menjelaskan, besarnya defisit dalam APBD Jember tersebut diantaranya untuk penambahan dana BOS senilai 177,8 milyar di Dinas Pendidikan, serta 1 milyar di Bakesbangpol untuk kegiatan festival HAM Internasional, yang akan diselenggarakan di Kabupaten Jember. Defisit tersebut menurut Faida tidak menjadi persoalan, selama masih dalam batas yang diijinkan. Sebab nanti masih ada Perubahan APBD yang memungkinkan adanya penambahan anggaran.

Faida juga memberikan apresiasi Tim Anggaran dan Badan Anggaran DPRD Jember, atas cepatnya pembahasan APBD 2019 ini. Bisa jadi menurur Faida, pembahasan APBD Jember menjadi yang tercepat di Jawa Timur, bahkan secara nasional. Hal ini tidak lepas dari kesadaran bersama antara pemkab dan dprd, pentingnya mempercwpat penyelesaian pembahasan ABPD untuk kepentingan masyarakat.

Sekarang lanjut Faida, tinggal mendorong kemampuan organisasi perangkat daerah, untuk mampu mengimbangi dengan mempercepat penyerapan anggaran. Sebisa mungkin realisasi progam bisa dilaksanakan di awal tahun anggaran, mengingat APBD sudah di tetapkan di bulan Oktober tahun sebelumnya.

(280 views)