Sebulan Kekeringan BPBD Suplay Air Bersih untuk Warga Kaliwining

Setelah satu bulan mengalami kekeringan dan harus jalan kaki cukup jauh untuk mendapat air bersih, warga Kaliwining Rambipuji hari ini bisa sedikit bernafas lega. Badan Penanggulangan Bencana Daerah BPBD Jember, memberikan suplay 1 truk tangki air bersih, dengan kapasitas 5 ribu liter.

Kasi Pemerintahan Desa Kaliwining Kholili Budiyanto, mengaku prihatin dengan kondisi warganya, yang setiap hari selama sebulan terakhir harus berjalan sejauh 1 kilometer, untuk mendapatkan air bersih dari Sungai Bedadung. Sebab air sumur di rumah mereka juga mulai mengering, hanya cukup untuk kebutuhan minum dan memasak.

Kholili bersyukur dengan adanya suplay air bersih dari BPBD ini, minimal bisa membantu warganya meski untuk sementara. Kholili berharap kedepan Pemkab Jember bisa memberikan bantuan, berupa pembuatan sumur bor dan tandon air. Sehingga ketika terjadi kemarau panjang, masyarakat tidak lagi kebingungan.

Suplay air bersih ini juga diapresiasi masyarakat setempat. Seperti diungkapkan Muslikah, yang mengaku setiap hari harus jalan kaki sejauh 1 kilometer, untuk mengambil air di Sungai Bedadung. Air sungai itupun hanya bisa digunakan untuk mandi dan cuci baju, karena jika untuk minum dan memasak dinilai kurang layak.

(451 views)