Residivis Spesialis Pencuri Toko yang Sudah Dua Kali Dipenjara Ditembak

Seorang residivis spesialis pencuri toko yang sudah dua kali masuk penjara, berinisial WS warga Kecamatan Mayang, Rabu sore ditangkap Unit Resmob Satreskrim Polres Jember di SPBU Mayang, setelah salah satu kakinya dilumpuhkan dengan tembakan timah panas. Tersangka ditangkap diduga kembali melakukan aski pencurian di tiga TKP di Kabupaten Jember.

Kasat Reskrim Polres Jember Akp Erik Pradana menceritakan, tanggal 19 Oktober 2018 lalu, tersangka berhasil kabur setelah mencuri satu unit HP dan sejumlah barang, di sebuah toko di Jalan Letjen Sutoyo Kelurahan Kebonsari Kecamatan Sumbersari. Setelah dilakukan pengejaran selama lima hari, polisi berhasil mendeteksi tersangka sedang berada di SPBU Mayang.

Tidak ingin kehilangan buruannya, polisi langsung meluncur ke SPBU Mayang, untuk menangkap tersangka. Namun karena sempat melakukan perlawanan saat hendak ditangkap, polisi terpaksa melumpuhkan kaki tersangka dengan tembakan timah panas. Saat diintrogasi tersangka mengaku, selain melakukan aksinya di Sumbersari juga pernah melakukan aksinya bersama seorang rekannya berinisial SL, di sebuah toko di Kecamatan Patrang  dan di Kecamatan Kaliwates.

Lebih lanjut Erik menjelaskan, berdasarkan catatan kepolisi,ternyata tersangka sudah dua kali masuk penjara karena kasus serupa, yakni di Lapas Bali dan Lapas Klas 2A Jember. Dari tangan tersangka, polisi berhasil menyita barang bukti berupa satu unit HP, dan dua unit sepeda motor yang dijadikan sarana dalam melakukan aksinya. Akibat perbuatannya, tersangka dijerat Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan, dengan ancaman maksimal 7 tahun penjara.

(235 views)