KPU Temukan Ribuan Data Pemilih Ganda dan Invalid

Sejak dilakukannya pencermatan kembali Data Pemilih Tetap atau DPT oleh KPU akhir September lalu, saat ini sudah ditemukan ribuan data pemilih ganda dan invalid. Namun untuk jumlah pastinya KPU baru akan merilis setelah proses pencermatan selesai 28 Oktober mendatang.

Komisioner KPU Kabupaten Jember Ahmad Hanafi menyebutkan, Tim KPU Kabupaten Jember bersama seluruh jajarannya, melakukan pencermatan DPT sesuai instruksi KPU RI sejak akhir September lalu hingga 28 Oktober mendatang. Hasilnya memang ditemukan ribuan data pemilih ganda dan invalid.

Data pemilih ganda lanjut Hanafi, banyak dikarenakan pemilih sudah pindah domisili, tetapi masih terdaftar di tempat ringgal yang lama. Sedangkan data invalid mayoritas karena dua orang pemilih atau lebih, memiliki Nomor Induk Kependudukan E-KTP yang sama.

Lebih jauh Hanafi menjelaskan, untuk data pemilih ganda pihaknya akan memberikan pilihan kepada yang bersangkutan, untuk menyalurkan hak pilihnya di salahsatu tempat. Sementara untuk data invalid, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dispenduk Capil sebagai lembaga yang menerbitkan data kependudukan.

(201 views)