Serikat Media Siber Indonesia Apresiasi Inisiasi Polres Jember Bentuk Siber Patrol Jelang Pemilu 2019

Serikat Media Siber Indonesia mengapresiasi inisiatif Polres Jember, dengan menggandeng Bawaslu, Kejaksaan dan Relawan T-I-K membentuk siber patrol, untuk mengawasi penggunaan media sosial menjelang pemilu 2019.

Koordinator SMSI Wilayah Tapal Kuda Salim Umar BSA menilai, pembentukan siber patrol yang di inisiasi oleh Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo ini sangat penting, untuk mengedukasi masyarakat agar lebih bijak dalam menggunakan media sosial.

Berita palsu atau hoax saat ini semakin merajalela, apalagi yang di posting oleh akun-akun palsu dengan mengatasnamakan media, menyebarkan berita negatif dan ujaran kebencian yang rawan menimbulkan konflik. Warganet harus bisa memilah dan memilih berita yang benar, setidaknya dengan melakukan kroscek ke media mainstream, atau di cek ada tidaknya susunan redaksinya.

Salim berharap langkah yang dilakukan Polres Jember ini bisa diikuti oleh Polres lain di wilayah Tapal Kuda, agar jika terjadi ujaran kebencian bisa segera tertangani tanpa harus menunggu terjadi konflik. Setidaknya pengguna medsos mengerti, untuk tidak menyebarkan berita yang belum jelas karena akan berimplikasi hukum.

(318 views)