Paksa Anak Tetangga Mengemis untuk Dirinya, Pemuda Asal Baratan Patrang ditangkap Polisi

Diduga kuat melakukan ekploitasi terhadap anak tetangganya sendiri sebagai pengemis, HD warga kelurahan Baratan Patrang Sabtu malam diringkus Unit Reskrim Polsek Patrang. Tersangka mengancam akan memukul dan membunuh korban, jika menolak perintahnya untuk mengemis di depan RSD Soebandi Jember.

Kapolsek Patrang AKP Mahrobi Hasan menceritakan, Sabtu malam pihaknya mendapat laporan dari orang tua korban berinisial MM, yang mendapati anaknya sedang mengemis di Indomart depan RSD Soebandi. Setelah ditanya korban yang masih berusia 10 tahun dan duduk di bangku kelas 3 SD ini, mengaku dipaksa mengemis dan menyerahkan seluruh hasilnya kepada tetangganya berinsial HD.

Korban terpaksa mengikuti perintah tersangka, karena diancam akan dipukul dan dibunuh jika menolak. Hanya dalam waktu 3 jam setelah menerima informasi tersebut, Unit Reskrim Polsek Patrang berhasil menangkap HD dirumahnya. Di hadapan petugas HD mengaku baru beberapa bulan memaksa korban mengemis untuk dirinya. Meski demikian Polsek Patrang terus melakukan penyelidikan, karena menduga masih ada korban lain yang dipaksa mengemis oleh tersangka.

Dari tangan tersangka polisi berhasil mengamankan barang bukti berupa satu unit sepeda motor Nopol P-5219-LL, yang diduga digunakan untuk mengantar korban ke tempatnya mengemis, serta uang tunai sebesar 52 ribu Rupiah. Akibat perbuatannya tersangka dijerat Pasal 88 Junto Pasal 76 Undang-Undang Perlindungan Anak, dengan ancaman hukuman maksimal 15 tahun penjara.

 

(2,549 views)