BAPEKKAB Sudah Siapkan Rancangan RPJMD Sesuai 22 Janji Kerja Bupati Terpilih.

Badan perencanaan pembangunan kabupaten Jember, sudah melakukan kajian untuk pembuatan RPJMD kabupaten, sesuai dengan 22 janji kerja bupati terpilih. Hal ini disampaikan kepala BAPEKKAB Jember Edi Budi Susilo.

Menurut Edi, bupati terpilih memiliki waktu paling lambat 6 bulan setelah dilantik, untuk menyusun rencana pembangunan jangka menegah daerah atau RPJMD. Meski demikian agar lebih efektif, sebelum pelaksanaan pilkada lalu, pihaknya sudah menyusun dua versi rencana pembangunan sesuai dengan visi misi kedua paslon.

Sehingga siapapun bupatinya, BAPEKKAB sudah memiliki rancangan RPJMD sesuai dengan visi misi bupati terpilih. Dalam waktu dekat lanjut Edi, pasca pelantikan pihaknya akan meminta petunjuk bupati terpilih, untuk sinkronisasi rencana RPJMD dengan 22 janji kerja bupati.

Lebih jauh edi menjelaskan, penyusunan RPJMD merupakan sesuatu yang rumit, dan harus melalui sedikitnya 18 tahapan sesuai dengan aturan. Yang jelas RPJMD kabupaten tidak boleh bertentangan dengan nawacita pemerintah pusat, RPJMD propinsi, dan RPJMD kabupaten terdekat.

Diberitakan sebelumnya, DPRD Jember meminta bupati terpilih segera menyusun RPJMD, tidak lama setelah dilantik. Hal ini dirasa perlu dilakukan, agar bupati terpilih bisa segera bekerja memenuhi janji-janjinya saat kampanye kepada masyarakat.

Sigit

(435 views)