Puluhan Guru Pertanyakan Pencairan Tunjangan Guru Agama

Tunjangan sertifikasi sejak tahun 2014 lalu tidak kunjung cair, puluhan guru yang tergabung dalam Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia, kamis siang mendatangi DPRD jember. Mereka meminta pencairan tunjangan guru agama, tidak lagi melalui kementerian agama, tetapi dialihkan ke dinas pendidikan.

Ketua DPD AGPAII Jember Zainal Hadi mengatakan, ada perlakuan berbeda antara guru umum dengan guru agama. Kantor kementerian agama mengharuskan guru agama memenuhi 14 item persyaratan dalam proses pemberkasan. Padahal untuk guru umum yang dicairkan melalui dinas pendidikan, tidak ada persyaratan rumit seperti yang diberlakukan kementerian agama.

Tunjangan guru agama lanjut zainal, tidak cair sejak tahun 2014 lalu. Tapi kabarnya tunjangan tersebut masih dalam proses verifikasi, dan akan dicairkan dalam APBN perubahan mendatang. Zainal menghitung total tunjangan guru agama di kabupaten jember yang belum terbayar mencapai 41 milyar rupiah.

perwkilan guru agama islam yang mendatangi DPRD jember, akhirnya ditemui anggota komisi D di ruang banmus. Komisi D berjanji akan segera mengundang kepala kantor kementerian agama jember, untuk menjelaskan duduk persoalannya kepada para guru, kenapa sampai tunjangan guru tidak terbayar hingga berbulan-bulan.

(484 views)