Selama Tahun 2015 Lalu, Ratusan TKI Asal Jember Alami Masalah

Sedikitnya 200 lebih Tenaga Kerja Indonesia asal Kabupaten Jember, di tahun 2015 lalu mengalami masalah. TKI yang mengalami masalah tersebut, merupakan TKI yang berangkat tanpa melalui prosedur atau ilegal.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jember Akhmad Hariadi menjelaskan, persoalan yang dihadapi TKI ilegal tersebut cukup bervariatif, mulai dari dideportasi hingga meninggal karena bunuh diri.

Hariadi mengaku, meskipun TKI tersebut berangkat secara ilegal, namun pihaknya tetap memberikan bantuan. Dia mencontohkan, saat ada TKI asal Jember yang meninggal dunia, pihaknya tetap memberikan bantuan untuk mengantarkan jenazah hingga ke rumah duka.

Saat ini lanjut hariadi, pihaknya terus berusaha semaksimal mungkin, untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat, jika memang akan berangkat menjadi TKI hendaknya melalui jalur yang legal.

Dari Data Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jember, jumlah TKI asal Jember mencapai 1500 orang, dengan tujuan paling banyak ke negara Taiwan dan Hongkong.

(662 views)