Fakta Mencengangkan Tentang “Planet Nine” yang Baru Saja Ditemukan Ilmuwan!

Adakah planet baru yang bisa menggantikan posisi Pluto? Sekarang jawabannya adalah ada!

Pluto sebelumnya sudah dihapus sebagai daftar planet yang mengelilingi matahari. Hal ini dilakukan karena Pluto tidak memiliki kriteria yang cukup untuk disebut sebagai planet. Salah satu alasan besarnya adalah karena ukurannya yang terlalu kecil.

Baru-baru ini sejumlah ilmuwan dari California Institute of Technology mempublikasikan laporan ilmiah mereka mengenai penemuan planet baru di tata surya. Planet tersebut kemudian diberi nama dengan “Planet Nine”.
Seperti apa? Berikut adalah 10 fakta mengenai Planet Nine yang baru ditemukan!

1. Planet Nine memiliki ukuran yang diperkirakan hampir sama dengan Planet Neptunus.

2. Planet Nine mempunyai massa 10 kali lebih besar daripada Bumi.

3. Jarak terdekat Planet Nine dengan Matahari adalah 15 kali jarak terdekat Pluto.

4. Planet ini memerlukan waktu 10.000 hingga 20.000 tahun untuk sekali mengelilingi Matahari

5. Planet ini bisa dilihat secara jelas dengan menggunakan teleskop terbesar di dunia. Contohnya adalah teleskop kembar 10 M di W. M. Keck Observatory dan Subaru Telescope yang terdapat di Mauna Kea, Hawaii. Selain itu, Planet Nine juga terlihat cukup besar untuk dapat terlihat oleh mata manusia.
uote:

6. Michael E. Brown dan Konstantin Batygin dari California Institute of Technology adalah peneliti yang mengungkap keberadaan dari planet kesembilan ini.

7. Jika dilihat dari titik terdekat, jarak Planet Nine dengan Matahari mencapai 32 miliar kilometer.

8. Jika dilihat dari titik terjauh 160 miliar kilometer, jaraknya mencapai 200 hingga 1.200 kali lebih jauh dari jarak Bumi ke Matahari.

9. Jika hidup di Planet Nine, umur manusia akan terkesan sangat singkat. Misalnya, jika umur rata-rata manusia di bumi 65 tahun, di planet itu hanya terhitung 0,00325 tahun.

10. Kemungkinan Planet Nine itu nyata adalah 40 – 60 persen. Sementara, Brown mengatakan 90 persen yakin akan keberadaan planet ini.

source http://www.idntimes.com/rizal/11-fakta-mencengangkan-tentang-planet-nine-yang-baru-saja-ditemukan-ilmuwan

 

(1.355 views)