KPU Serahkan SK Kepala Daerah Terpilih Ke DPRD Jember

Setelah melalui rapat pleno penetapan bupati dan wakil bupati terpilih, komisi pemilihan umum kabupaten jember, langsung menyerahkan surat keputusan, serta berita acara penetapan calon kepala daerah terpilih kepada dprd jember.

Komisioner KPU kabupaten jember ahmad hanafi menjelaskan, sesuai dengan mekanisme yang ada, setelah rapat pleno penetapan calon kepala daerah terpilih, KPU berkirim surat kepada DPRD jember.

Setelah itu lanjut dia, DPRD dan Pemkab Jember mengusulkan kepada gubernur jawa timur, untuk dilakukan pelantikan kepala daerah terpilih. Gubernur kemudian akan melanjutkan kepada menteri dalam negeri.

Barulah kemudian kata hanafi, setelah surat keputusan dari gubernur tersebut turun, maka kepala daerah terpilih akan dilantik menjadi kepala daerah definitive.

Mengenai kapan waktu pelantikan, Hanafi mengaku, sejauh ini pihak belum mendapat kepastian. Sebab yang akan menjadwalkan dari kementerian dalam negeri melalui pemprov jawa timur.

Seperti diberitakan sebelumnya, pasangan kepala daerah Faida- Muqit Arif, akhirnya ditetapkan menjadi kepala daerah terpilih melalui rapat pleno terbuka kpu kabupaten jember.

(1.637 views)