Potensi Tambang Jember Masuk Lima Besar Di Jawa Timur.

Kabupaten Jember rupanya masuk dalam lima besar diantara 38 Kabupaten- Kota di Jawa Timur yang memiliki potensi tambang cukup besar dan melimpah.

Anggota pansus tambang DPRDProvinsi Jawa Timur Karimullah Dahrujiati menjelaskan potensi tambang di Jember cukup besar dan lengkap. Mulai dari pasir, batu, pasir besi, emas, batu kapur, mangan, hingga batu piring.

Potensi tersebut menurut Karimullah menjadikan Jember sebagai incaran para investor di bidang tambang. Sehingga tidak heran jika kemudian menimbulkan protes keras dari elemen masyarakat.

Secara pribadi politisi Partai Golkar ini mengaku akan menyampaikan penolakan dari seluruh komponen masyarakat Jember terhadap rencana penambangan emas dan pasir besi.

Karimullah juga berharap kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur agar mendengar suara masyarakat Jember yang tidak menghendaki adanya tambang. Sebab meskipun saat ini kewenangan perijinan menjadi wilayah Pemprov tidak serta merta kemudian ijin dikeluarkan begitu saja tanpa mendengarkan suara rakyat secara langsung.

(950 views)