Tambang Di Jember Bertentangan Dengan Aturan

Dua potensi tambang di Kabupaten Jember yakni tambang emas di Kecamatan Silo dan pasir besi di Desa Paseban tidak bisa dilakukan proses eksplorasi dan eksploitasi. Demikian ditegaskan anggota pansus tambang DPRD Provinsi Jawa Timur Miftahul Ulum.
Ulum menegaskan kawasan pertambangan kabupaten jember ada di dua daerah yang dilarang oleh Undang- Undang. Seperti tambang emas di Silo sangat berdekatan dengan hutan lindung.
Sedangkan tambang pasir besi di Desa Paseban berada di daerah pesisir pantai selatan. Sesuai dengan RT RW Nasional,daerah pesisir pantai selatan dilarang untuk pertambangan karena dinilai masuk daerah rawan terjadinya bencana alam.
Untuk itulah lanjut Ulum karena kondisinya sudah tidak memungkinkan, apalagi penolakan dari masyarakat Jember cukup keras terkait tambang, maka Pansus akan membawa aspirasi tersebut kepada tingkat Jawa Timur
Seperti diberitakan sebelumny, Pemprov Jawa Timur mulai memproses ijin pertambangan yang diajukan PT Aneka Tambang atau ANTAM.Ssaat ini Pemprov sedang melakukan kajian mendalam terkait permohonan ijin tersebut.

(597 views)