Masih Banyak Warga Tidak Tahu Keharusan Pencatatan Perwakinan Ke Dispenduk

Mayoritas masyarakat yang mengikuti proses pencatatan perkawinan non muslim secara massal di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, selasa pagi, mengaku tidak tahu menahu jika setelah proses pemberkatan di gereja perkawinannya harus didaftarkan ke dinas.
Seperti diungkapkan Bejo Wiyarto bersama pasangannya katemi. Dia mengaku sudah menikah dengan istrinya selama dua puluh lima tahun namun baru sekarang tercatat secara resmi di Dispenduk.
Wiyarto mengaku tidak tahu jika perkawinannya harus didaftarkan ke Dispenduk. Dia mengaku sangat bahagia karena perkawinannya saat ini sudah diakui oleh negara.
Sementara Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Jember Arif Cahyono mengatakan, proses pencatatan perkawinan non muslim yang digelar hari ini diikuti 17 pasangan.
Kedepan Arif mengaku akan terus mengadakan kegiatan serupa dengan melibatkan instansi terkait lainnya. Sebab masih banyak warga yang belum mengetahui jika perkawinannya harus didaftarkan ke Dispenduk.
Arif berharap dengan upaya yang telah dilakukan pihaknya tersebut tingkat kesadaran masyarakat untuk memiliki dokumen kependudukan semakin tinggi.

(550 views)