Peralihan Kewenangan Dipastikan Mengurangi Kemampuan Keuangan Daerah

Pengambilalihan kewenangan dari pemerintah daerah kepada pemerintah pusat dan propinsi, dipastikan akan berdampak kepada kampuan keuangan daerah. Sehingga kedepan pemerintah daerah harus mampu berinovasi dan berkreasi, untuk meningkatkan pendapatan asli daerah.

Anggota Komisi C DPRD Jember Anang Murwanto menjelaskan, tahun ini merupakan peralihan sejumlah kewenangan daerah kepada pusat dan propinsi. Diantaranya perijinan tambang, pengelolaan terminal Klas A, serta pengelolaan Sekolah Menengah Kejuruan. Dengan demikian sejumlah potensi pendapatan daerah juga akan berkuran. Bahkan karena akan terjadi pergeseran status kepegawaian, keuangan daerah yang bersumber dari dana alokasi umum pemerintah pusat juga akan berkurang.

Bahkan lanjut Anang, bisa jadi beberapa potensi pendapatan asli daerah juga akan hilang. Dengan kondisi ini, Anang memprediksi kemampuan keuangan Kabupaten Jember tahun 2017 mendatang, tidak akan bisa sebesar tahun 2016 ini.

Anang berharap agar pengambilalihan kewenangan ini berdampak luas terhadap sejumlah kepentingan masyarakat, Pemerintahan Jember yang baru nanti harus bisa segera beradaptasi, membuat terobosan-terobosan baru untuk meningkatkan pendapatan asli daerah, diantaranya sektor pariwisata.

(447 views)