Fraksi Gerindra Minta Dinas Pertanian Upayakan Jatah Pupuk Bersubsidi untuk LMDH

Jember Hari Ini – Petani hutan yang tergabung dalam Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Kabupaten Jember, tidak bisa memanfaatkan pupuk bersubsidi seperti petani lainnya. Mereka terpaksa menggunakan pupuk non subsidi yang harganya lebih mahal dan berpengaruh terhadap hasil usaha pertaniannya.

Ketua Fraksi Gerindra DPRD Jember, Masduki, mengaku mendapat pengaduan sejumlah petani dari perwakilan LMDH lereng Barat, lereng Utara dan lereng Timur yang mengeluhkan sulitnya mendapatkan pupuk bersubsidi tersebut. Masduki berharap Dinas Pertanian maupun Dinas Kehutanan dan Perkebunan mencarikan solusi untuk petani hutan yang selama ini juga bercocok tanam seperti petani lainnya.

Kepala Dinas Pertanian Jember, Hari Wijayadi, mengatakan, petani LMDH memang tidak bisa mengajukan Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK) sebagaimana yang diajukan kelompok tani di luar kawasan hutan. Sebab, sejauh ini belum ada kerjasama antara Kementerian Pertanian dengan Kementerian Kehutanan. Dengan demikian, secara otomatis petani LMDH juga tidak bisa memanfaatkan pupuk bersubsidi tersebut. (Fath)

(503 views)