Kuasa Hukum Terdakwa Pembunuhan Kaur Keamanan Desa Patemon Nilai Tuntutan Jaksa Terlalu Berat

EKO IMAM WAHYUDI

Jember Hari Ini – Eko Imam Wahyudi, kuasa hukum MK, warga desa Sumber Kejing Sumberbaru yang merupakan terdakwa kasus pembunuh Kaur Keamanan Desa Patemon Tanggul, Muhammad Muksin, menyatakan keberatan atas tuntutan Jaksa Penuntut Umum yang meminta Majelis Hakim menjatuhi hukuman 10 tahun penjara kepada terdakwa.

Eko menilai tuntutan tersebut berlebihan dan terlalu berat karena dari fakta hukum yang terungkap dalam persidangan, tidak ada bukti yang mengarah kepada terdakwa.  Tuntutan jaksa tersebut hanya didasarkan pada pengakuan terdakwa. Padahal perbuatan yang dilakukan terdakwa tidak sampai menyebabkan kematian, karena hanya membacok tangan korban dengan bagian punggung pisau. Pelaku utama yang menyebabkan korban meninggal dunia menurut Eko, justru pelaku yang saat ini masih buron.

Sebelumnya, dalam persidangan di Pengadilan Negeri Jember, Senin siang, Jaksa Penuntut Umum Agung Hendarwan menuntut MK dengan hukuman 10 tahun penjara. Sebab, menurut Agung, dalam persidangan terdakwa MK terbukti membacok korban hingga terluka yang menyebabkan korban meninggal dunia. Perbuatan itu dilakukan terdakwa bersama 2 orang temannya berinisial RH yang juga masih dalam proses persidangan, dan satu pelaku lain yang hingga kini masih buron. Ketua Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jember, I Made Yuliada, menunda sidang hingga Senin (28/12/2015) pekan depan dengan agenda pembelaan terdakwa. (Fit)

(531 views)