Pengamat Politik Nilai Masyarakat Sudah Lelah dengan Proses Politik

Jember Hari Ini – Pengamat sosiologi politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jember, Akhmad Ganefo, menilai masyarakat Jember sudah lelah dalam proses politik pemilihan calon kepala daerah. Hal ini terlihat dengan minimnya partisipasi masyarakat dalam proses pemilu kepala daerah 9 Desember lalu.

Data yang dihimpun dari web KPU menyebutkan, partisipasi masyarakat saat pemungutan suara 9 Desember lalu hanya 52 persen. Menurut Akhmad Ganefo, gejala kelelahan politik ini bukan hanya terjadi di Kabupaten Jember, namun juga terjadi di beberapa wilayah lain. Masyarakat tidak merasakan dampak positif secara langsung setelah terpilihnya pemimpin mulai dari tingkat daerah hingga tingkat nasional.

Namun Ganefo mengapresiasi upaya yang dilakukan KPU dan polisi, sehingga hampir tidak ada konflik yang terjadi selama proses pilkada berlangsung. Meski demikian, kelelahan politik masyarakat ini harus dicarikan jalan keluarnya agar kedepan partisipasi politik masyarakat lebih maksimal. (Fian)

(452 views)