Selama Masa Tenang, Polres Siagakan Tim Khusus OTT Pidana Pemilu

Jember Hari Ini – Meski Polres Jember sudah menyiapkan tim khusus Operasi Tangkap Tangan (OTT) selama masa tenang, namun tetap harus menjadi polisi yang humanis, menggunakan penyelesaian yang lebih manusiawi.

Menurut Kapolres Jember, AKBP Sabilul Alif, mulai Senin malam Polres Jember sudah menempatkan personil khusus Operasi Tangkap Tangan terkait tindak pidana pemilu seperti money politic serta aksi kriminalitas lainnya.

Polres Jember akan mengedepankan upaya-upaya antisipasi agar jangan sampai terjadi tindak pidana, baik pidana pemilu maupun pidana umum lainnya menjelang pilkada 9 Desember mendatang. Sabilul mencontohkan, polisi bisa memeriksa KTP setiap orang yang dicurigai, ketika akan memasuki desa di malam hari. Langkah ini dinilai lebih baik daripada menangkap seseorang ketika sudah melakukan tindak pidana pemilu. Jadi, lanjut Sabilul, dirinya menginstruksikan kepada seluruh anggotanya di lapangan, sebisa mungkin mencegah terjadinya tindak pidana dengan melakukan tindakan persuasif kepada setiap orang yang dicurigai. Dengan demikian, akan tercipta suasana aman, sejuk dan damai.

Sabilul mengaku akan terus berkoordinasi dengan Panwaslih Kabupaten Jember untuk memantau kerawanan pada masa tenang. Polres Jember akan terus memantau setiap perkembangan untuk mengingatkan serta melakukan tindakan yang sesuai prosedur. (Fit)

(488 views)